Pages

Kamis, 07 Februari 2013

Masakan Khas Bali, Ayam Betutu Khas Gilimanuk

,
Masakan Khas Bali, Ayam Betutu , salah satu makanan yang unik dari Bali.
Sebenarnya bukan kali ini saja saya mencoba ayam Betutu, hanya saja semuanya “off record” atau belum pernah tercatat. Tapi kali ini saya ingin mencoba membagikan bagaimana lezat dan menariknya masakan khas bali yang kemudian dinamakan Betutu ini.
Loh kenapa Betutu saja? bukannya ayam Betutu yah namanya?. Sebenarnya bahan masakan Betutu bukan cuma ayam seperti yang lebih dikenal banyak orang. Bahan masakan khas Bali ini ada juga yang bahan utamanya bukan berupa ayam, tapi berupa bebek yang kemudian di sebut Bebek Betutu.  Tetapi sepertinya ayam lebih ungul daripada bebek, jadilah lebih dikenal sebagai ayam Betutu.
Sedangkan secara harfiah Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu biasa digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual (sumber : wikipedia). Pernahkah terpikirkan sisi unik dari masakan khas bali yang lebih terkenal dengan nama Ayam Betutu ini? Selain dari kelezatan rasa tentunya.
Mengenai rasa dari Ayam Betutu jangan ditanya lagi, pedasnya pas!!, bercampur rasa gurih dari kuah bumbunya. Ditambah lagi daging Ayam betutu yang empuk ketika digigit, hmm bahkan air liur bisa menetes dengan hanya melihat saja.
Ayam betutu Khas Gilimanuk
Untuk bebek Betutu meskipun dengan tipe bumbu yang sama dengan bumbu pada ayam Betutu, ada sensasi sedikit berbeda ketika menggigit daging bebek betutu. Tekstur daging bebek yang sedikit lebih kenyal dari pada ayam akan membuat rasa pedas dan gurih lebih terasa ketika dikunyah di mulut.
Bebek Betutu, variasi dari masakan Betutu khas Bali
Menemukan tempat yang pas untuk mencoba masakan Betutu khas Bali tidaklah sulit. Banyak sekali warung masakan lokal yang khusus menjual ayam Betutu, hanya saja cuma beberapa menurut saya yang bisa menunjukkan lezatnya ayam atau bebek Betutu makanan khas Bali.
Ada tiga tempat yang saya rekomendasikan jika ingin mencoba kelezatan masakan khas bali ini. Pertama ayam betutu Ibu Ida yang ada jauh di Gilimanuk, mungkin bisa di coba jika ke Bali melalui perjalanan darat, karena lokasinya dekat dengan pelabuhan penyeberangan Gilimanuk. Di ayam Betutu ibu ida ini pertama kalinya saya merasakan ayam Betutu khas Gilimanuk.
Kedua, lebih dekat dari pusat pariwisata bali pantai Kuta dan Bandara ngurah rai, satu tipe dengan ayam betutu Ibu Ida yang pedasnya benar – benar terasa. Ketiga ada di jalan Kubu Anyar, ayam betutu di tempat ketiga ini tidak terlalu pedas, tetapi rasa bumbunya sama enaknya dengan ayam Betutu khas Gilimanuk. Tempat ketiga juga cocok untuk yang tidak terlalu suka dengan masakan pedas tetapi ingin mencoba masakan ayam Betutu.

sumber :  http://catperku.info/masakan-khas-bali-ayam-betutu-gilimanuk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar